Rabu, 26 Desember 2018

Softskill Inovasi SI (3.1 Jelaskan & berikan contoh aplikasi yang digunakan untuk teknologi web 1.0, web 2.0, dan web 3.0.)


· Web 1.0 adalah website yang digunakan untuk pertama kalinya, dimana seluruh dunia yang dibuat dan ditampilkan didalamnya serta design dari web tersebut itu semuanya ditentukan oleh admin, hingga sedikit terasa agak monoton. Dikarenakan sifat dari Web 1.0 adalah read, maka ketika ada seseorang yang akan menambahkan atau memberikan komentar, seseorang tersebut harus menghubungi admin yang bersangkutan. Contoh Web 1.0 : Liputan6.com
· Web 2.0 adalah berkembangan dari Web 1.0, tetapi Web 2.0 dirancang untuk mengakses informasi dengan interaksi dua arah. Sifat web 2.0 adalah Write-Read, yang dirancang untuk tujuan dan kebutuhan jejaringan sosial dengan tampilan dinamis agar mempermudah penggunaan. Karena interaksinya yang bersifat dua arah, maka pelakuknya bukan lagi orang perusahaan yang mempunyai web, tetapi pengguna yang juga merupakan sumber dari web yang mereka gunakan. Contoh Web 2.0 : www.facebook.com , www.twitter.com .
·   Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan halaman-halaman web. Keunikan dari web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu persatu dalam situs-situs web. Contoh Web 3.0 : Menonton tv diponsel, sinkronisasi file-file di komputer sehingga bisa diakses dimana saja, dapat mengirim sms melalui komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar